Sabtu, 22 Januari 2011

Durian Merah

Sudah biasa kita melihat daging buah durian berwarna putih kekuningan. Namun bagaimana durian berwarna merah?

Spesies lain dari durian dapat ditemukan di Sabah, Malaysia. Warga Kadazandusun di sana sering menyebutnya sebagai sukang atau tabelak. Tak hanya itu, spesies yang hanya tumbuh di hutan Sabah ini juga dikenal dengan sebutan 'durian hutan'. Demikian dilansir The Stars, Senin (28/9/2009).
Menteri lingkungan, budaya dan pariwisata Sabah Masidi Manjum mengaku tidak mengetahui warganya ada yang mengembangbiakkan buah yang bernama latin Durio gravolens ini. Sebab menurutnya tidak banyak warga lokal yang antusias dengan durian hutan tersebut.

Dibandingkan dengan durian pada umumnya, kulit durian sukang lebih tipis dan kering. Namun rasanya tidak jauh berbeda. Beberapa orang menyatakan rasa durian sukang cenderung kecut.

Ketertarikan pada durian Sukang memang pada warna merahnya. Harganya pun lebih murah dari durian pada umumnya, yaitu berkisar RM 2-3 (Rp 5 - 8 ribu) pada musimnya.

Hanya saja, dingatkan Masidi, orang yang baru pertama kali mencicipi durian sukang akan sedikit kaget. "Mungkin karena durian jenis ini rasanya lebih 'tajam'," pungkasnya.

Informasi yang beredar, durian merah juga ada di Indonesia yaitu di Kalimantan Timur, perbatasan dengan Malaysia. Durian ini bisa disebut durian Lai

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar