Sabtu, 22 Januari 2011

Manfaat Kulit Durian

Buah durian yang berasal dari pohon durian (Durio zibethinus Murr) banyak tumbuh di hutan maupun di kebun milik penduduk. Ciri buahnya, bentuknya besar bulat/oval dengan aroma rasa, baunya khas dan menjadi buah primadona yang banyak disukai masyarakat Indonesia umumnya.
Buahnya besar dan berduri dengan kulit buah yang keras dan tebal hampir seperempat bagian dari buahnya merupakan bagian yang dibuang begitu saja sampai akhirnya menjadi busuk. Apabila dilihat dari karakteristik bentuk dan sifat-sifat kulitnya, sebenarnya banyak manfaat yang dapat dihasilkan dari kulit buahnya misalnya

1. Untuk menghilangkan bau mulut krn kita selesai memakan buahnya. Kulit durian sebagai wadah penganti gelas, lalu airnya di minum


2. Sebagai bahan bakar pengganti kayu dengan cara mengeringkannya, sebab serat dari kulit durian sangat tebal dan panjang, menghasilkan sisa pembakaran lebih halus dibandingkan dengan kayu bakar biasa.

3. Untuk dijadikan briket dari arang kulit durian dengan proses penjemuran, pembakaran dan arang hasil pembakaran yang dicampur dengan tepung kanji sebagai perekat juga dicampur dengan soda lalu dicetak menghasilkan briket dari kulit durian yang bernilai ekonomis.

4. Sebagai pupuk organik dari hasil endapan kulit durian yang diproses untuk pembuatan ethanol tadi, sisa endapan tersebut masih bermanfaat untuk pupuk organik yang dikatakan dari berbagai sumber bahwa pupuk organik dari kulit durian memiliki kemampuan untuk memupuk tanaman dengan baik.

5. Bahan campuran papan partikel

6. Papan semen

7. Filter

8. Campuran untuk bahan baku obat nyamuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar