Minggu, 23 Januari 2011

Kiwi Cegah Stroke dan Darah Tinggi

Siapa sangka kalau buah yang memiliki bulu halus pada kuklitnya ini memiliki manfaat yang tak kalah dengan jeruk ataupun apel. Rasanya yang manis sedikit asam mengandung antioksidan yang tinggi, baik untuk menangkal radikal bebas. Coba saja!
Buah kiwi memang tidak terlalu populer di Indonesia, baru akhir-akhir ini saja buah yang berasal dari New Zealand ini marak dibicarakan. Biasanya kiwi disajikan sebagai buah potong ataupun sebagai pelengkap salad buah. Rasanya yang manis cenderung asam ini memang segar disantap sebagai pencucui mulut.

Tapi tak jarang juga yang mengkonsumsi kiwi dengan cara di jus, agar rasa asamnya tidak terlalu terasa. Padahal buah kiwi justru baik dimakan tanpa tambahan apapun agar manfaatnya bisa dirasakan secara langsung. Satu buah kiwi setiap hari, sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Hal ini cukup mengejutkan, karena buah kiwi mengandung vitamin C dua kali lipat lebih banyak dari jeruk dan 17 kali lebih banyak dari apel. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin B1, B2, B6, dan, E. Peran vitamin C dan E dalam kiwi berfungsi sebagai antioksidan, zat penangkal radikal bebas penyebab penuaan dan pencegah sel kanker. Tingginya kandungan vitamin C dalam kiwi menjadikan buah ini dapat mempertahankan imunitas tubuh dari serangan flu dan juga stress.

Apabila Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, kiwi adalah buah yang sangat cocok masuk kedalam menu harian Anda. Karena serat yang tinggi dalam buah kiwi akan membantu pencernaan Anda bekerja lebih baik. Buah kiwi juga mengandung  asam amino arginin dan glutamate.

Arginin berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan juga membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Sedangkan asam amino dapat membantu mengurangi resiko impotensi ringan. Asam amino juga mempengaruhi daya kerja otak lebih cepat, apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak.

Dengan mengkonsumsi dua buah kiwi tiap hari dapat mengurangi lemak darah hingga 15%. Lemak darah ini menjadi penyebab terjadi nya penyakit jantung koroner dan stroke. Karena witamin A ,E , dan kalium yang terkandung di dalamnya membantu jantung berdenyut secara teratur sehingga membuat otot bekerja secara aktif dan mengatur tekanan darah.

Kalau semua fungsi tubuh sudah bekerja secara normal dan aktif, otomatis oksigen pun tersalurkan secara baik di dalam darah. Nah, tunggu apalagi konsumsi kiwi sejak dini akan menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar