Minggu, 23 Januari 2011

Semangka Cegah Tekanan Darah Tinggi

Buah yang warnanya merah cantik ini ternyata tidak saja enak sebagai penghilang dahaga di cuaca yang terik. Tapi juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi lho! Bagaimana mungkin?

Jika Anda salah satu orang yang menyukai buah berwarna merah dengan rasa manis yang segar ini, Anda patut berbahagia karena berdasarkan penelitian buah ini mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

FSU Asisten Profesor Arturo Figueroa dan Profesor Bahram H. Arjmandi dari The Florida State University menemukan jika enam gram L-citrulline/L-arginine asam amino dari ekstrak semangka diberikan setiap hari selama enam minggu, ada peningkatan fungsi arteri dan akibatnya menurunkan tekanan darah aorta. Hal ini telah dicoba kepada empat pria dan juga lima wanita menopouse berusia 51-57 tahun.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa semangka memiliki efek vasodilatory, salah satu yang dapat mencegah tekanan darah tinggi meningkat, yang bisa menyebabkan serangan jantung dan juga stroke." terang Fiegueroa.

92 persen kandungan semangka adalah air, dan 8 persen sisanya mengandung lykopen, zat antioksidan yang melindungi jantung manusia, mencegah prostate sekaligus menjaga kesehatan kulit. Dalam septong buah semangka terdapat kandungan lykopen, beta karoten dan senyawa yang paling cemerlang di antara Phytonutrients - citrulin - dengan berbagai fungsi yang berguna. Kegunaannya antara lain untuk merelaksasi pembuluh-pembuluh darah seperti yang dilakukan oleh Viagra.

Lycopen merupakan salah satu komponen karotenid seperti halnya betakaroten. Dan jika dibandingkan dengan antioksidan lainnya, lycopen mampu menangkal radikal bebas lebih ampuh dibandingkan dengan vitamin C dan E. Kandungan air dan kalium yang tinggi dapat menetralisir tekanan darah, dan hal ini sangat baik untuk Anda yang menderita tekanan darah tinggi.

Untuk Anda yang sudah berusia lanjut, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat. Mengkonsumsi buah semangka setiap hari sangat baik karena bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Namun, jika Anda memiliki gangguan gula darah ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk jumlah semangka yang seharusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar