Minggu, 23 Januari 2011

Ubi Merah yang Sarat Manfaat

Makanan jenis umbi-umbian memang terkadang dianggap sebagai makanan murah dan spele. Salah satunya adalah ubi merah yang ternyata mengandung banyak nutrisi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Apa saja nutrsi dan khasiat ubi merah ini bagi tubuh?
Ubi merah merupakan salah satu jenis umbi jalar (Ipomoea Batatas) yang termasuk dalam famili Convolvulaceae . Konon ubi merah ditemukan penduduk Amerika Tengah di sebuah gua bernama Peruvian dan disebarkan hingga ke Eropa. Nah, di awal abad ke-16 barulah ubi merah menyebar ke India dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Di Indonesia ubi merah merupakan hidangan yang memang kurang begitu populer di dapur. Meskipun sebenarnya ubi merah bisa diolah menjadi berbagai hidangan serba lezat mulai dari kue sampai makanan sehari-hari.

Meskipun namanya ubi merah sebenarnya daging ubi ini tidaklah berwarna merah melainkan oranye. Warna cerah pada ubi ini membuktikan banyaknya betakaroten yang terkandung di dalamnya. Sehingga makin cerah warnanya akan semakin tinggi kadar betakarotennya yang penting untuk membentuk vitamin A dalam tubuh.

Selain mengandung senyawa antioksidan (betakaroten) yang komplet, ubi merah juga kaya serat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Mengkonsumsi sebuah ubi jalar merah mentah sudah memenuhi sekitar 40 % anjuran kecukupan vitamin C dalam sehari. Bahkan ubi merah konon memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibanding dengan havermut.

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam penganan sederhana ini membuat ubi merah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Misalnya saja vitamin A yang terkadung didalamnya bisa menghalangi pengrusakan sel dalam tubuh. Bahkan kandungan seratnya yang cukup tinggi bisa membantu pencegahan dalam masalah pencernaan hingga menyerap kelebihan lemak/kolesterol darah.

Setelah melihat banyaknya manfaat yang diberikan mulai sekarang jangan spelekan ubi merah dan mulailah rajin untuk mengkonsumsinya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar